Selasa, 10 September 2019

TV PANASONIC Model TC 2088



TV PANASONIC Model TC 2088




Ganguan : tv sangat susah hidup pada  awal di pagi hari,setelah menunggu cukup lama baru tv bisa di hidupkan,dan tidak akan ada masaalah lagi sampai tv dimatikan kembali.(masaalah ini akan terulang kembali di saat tv di matikan jangka waktu lama )


Pemecahan masaalah :
sebagaimana bisanya seorang technisi biasanya setelah membuka kesing terlebih dahulu membersihkan dan memeriksa komponen secara pisual dan melihat apakah ada komponen yang berubah bentuk ,hangus,putus pcb,dll.jika di temui sebagaimana di atas biasanya diganti saja. 

Baru kemudia memeriksa seluruh tegangan yang ada sesuai kaedah yang di anjurkan pabriknya

jika semua tegangan di yakini normal maka selanjutnya ukurlah tengangan basis dari Transistor horizontal ,biasanya di titik ini saat di hidupkan ada tegangan dibawah 3volt.jika tidak ada ,periksa bias basis dari transistor Driver nya.berlanjut selusuri jalur pcb sampai pada IC Cromanya,biasanya saat di start ada keluar sedikit tengangan(freqwensi osilator horizontal )di pin IC horizontal out.
Permasalahan ini biasnya hanya berkisar pengantian eletrolite saja.ganti saja elco elco yang gembung di sekitar power suplay  dan sekitar IC verticalnya.



Periksa, kemudian gantilah elco yang kelihatan  mengelembung,atau bodinya sudah tidak wajar lagi,

Ganti juga elco
C505  (   1uf/50v     )       
C508  (   220uf/16v )
C593  (   22uf/16v   )     
C452  (   33uf/16v    )  
C526  (   10uf/16      )    
C646  (   100uf/16v )

lihat letak komponen yang rusak.

selesai semoga bermanfaat
by ; amrisf99@gmail.com

1 komentar:

  1. klo tv model ini klo di on buat mcb rmh trip...sdh ganti str W6707 normal cuma bbrp minggu trus kumat lg str nya short lg...mohon bantuanx bang

    BalasHapus

TV PANASONIC Model TC 2088

TV PANASONIC Model TC 2088 Ganguan : tv sangat susah hidup pada  awal di pagi hari,setelah menunggu cukup lama baru tv bisa...